Tips Memelihara Ikan Guppy di Aquarium

Baca Juga

Tips Memelihara Ikan Guppy di Aquarium - Ikan guppy merupakan ikan hias yang mudah untuk dibiakan. Ikan guppy memiliki habitat asli di sungai dan danau yang airnya tenang. Ikan guppy juga mampu bertahan di air payau yang berkadar garam cukup tinggi. Memilih indukan guppy betina yang berumur 3-4 bulan yang siap untuk di pijahkan, dan untuk indukan guppy jantan pilih dengan kualitas baik dengan ciri sehat dan memiliki warna yang paling indah supaya memiliki keturunan sama dengan indukannya.

Karena minat masyarakat yang besar terhadap ikan ini menyebabkan ikan guppy banyak dibudidayakan dan dikembangkan. Sehingga, ikan guppy memiliki banyak sekali warna dan tampilan yang indah nan cantik. Selain itu, ikan ini juga sudah tidak “murahan” lagi di pasaran. Karena ikan guppy sudah menjadi barang yang mewah.

Untuk mengetahui perbedaan antara ikan guppy jantan dengan ikan guppy betina, kamu bisa melihat dari penampilan fisiknya. Ikan guppy jantan memiliki penampilan warna yang kontras dan bercahaya, tubuhnya langsing serta siripnya menjumbai. Sedangkan, ikan guppy betina memiliki penampilan bentuk yang lebih bulat, warnanya kusam dan tidak memiliki sirip yang menjumbai.


Tips memelihara ikan guppy di aquarium

Tempat untuk memelihara ikan guppy ini dapat berupa akuarium. Dan membutuhkan setidaknya yang memiliki 4 tempat yaitu tempat pemisahan induk, tempat pemijahan, tempat penetasan telur dan tempat pendederan. Ukuran luas tempat yang digunakan dapat disesuaikan dengan banyak ikan yang akan dipijahkan, namun untuk tinggi tempat diusahakan berukuran sekitar 30 cm kecuali kolam pendedaran yang dibuat dengan ketinggian sekitar 50 cm.

Sebelum memelihara ikan guppy di aquarium anda harus dapat membedakan antara ikan gupi jantang dan betina. Ikan betina memiliki tubuh yang membulat dan memiliki warna yang cenderung kusam serta tidak memiliki sirip yang menjumbai. Sedangkan ikan jantan memiliki warna yang terang dan kontras, tubuhnya langsing dan memiliki sirip menjumbai. Indukan gupi yang siap dipijahkan minimal telah berumur sekitar 4 bulan. Pilihlah indukan yang unggul agar keturunan yang dihasilkan juga unggul.

Cara agar ikan guppy cepat beranak atau mempersingkat proses kehamilan yang pada umumnya 25-30 hari kehamilan. Caranya bisa dengan perawatan ekstra pada indukan betina ikan guppy yang hamil dengan cara memberi asupan nutrisi yang baik dengan memberi pakan teratur. Makanan yang baik untuk ikan guppy betina yang sedang hamil sebaiknya memberi pakan hidup seperti kutu air/cacing sutra berimakan teratur pagi dan sore hari.

Banyak jenis penyakit ikan guppy penyebabnya pun bermacam-macam dari jamur, bakteri, kutu, virus, parasit bintik putih dsb,  ikan guppy dapat terserang penyakit karena kolam tempatnya kurang bersih dan juga cuaca menyebabkan suhu air berubah-ubah secara cepat, itulah salah satu penyebab ikan guppy mati mendadak. Cara mencegah penyakit ikan guppy dan cara mengatasi penyakit ikan guppy pun cukup mudah tergantung jenis penyakit yang menyerang ikan guppy tersebut.

Dalam memelihara ikan guppy di aquarium jika satu ekor terkena parasit kutu jangkar maka 1 aquarium atau wadah dari ikan tersebut 50% terinfeksi penyakit yg sama untuk pengobatannya gunakan abate atau bisa juga pindahkan guppy ke kolam yang langsung terkena sinar matahari ( pengalan pribadi ), dan cuci bersih aquarium lalu jemur.

0 Response to "Tips Memelihara Ikan Guppy di Aquarium"

Posting Komentar

Arsip