Cara pengolahan tanah kebun yang subur

Baca Juga

Cara pengolahan tanah kebun yang subur - Walaupun pengolahan tanah sudah menjadi praktek yang umum pada kebanyakan sistem produksi pertanian, namun pengaruhnya terhadap tanah dapat menjadi lebih produktif dan subur. Pengolahan tanah meratakan permukaan tanah dan merusak aggregasi tanah secara alami dan terowongan-terowongan yang dibuat oleh cacing tanah. Porositas dan infiltrasi air menurun akibat tindakan pengolahan tanah dalam berkebun.

Lapisan bajak akan terbentuk akibat pengolahan tanah yang intensif, terutama jika tanah dibajak dengan peralatan berat dalam kondisi basah. Tanah yang diolah menjadi lebih peka terhadap erosi dibandingkan dengan tanah yang tertutup residu tanaman. Cara menyuburkan tanah dengan cepat yang berhubungan dengan permasalahan-permasalahan yang telah disebutkan diatas akibat pengolahan tanah konvensional, maka saat ini telah dikembangkan pengolahan tanah kebun menjadi subur yang meliputi pada kondisi bentuk tanah, pengolahan tanah dalam barisan tanam, dan pengolahan tanah pada lubang tanam.

Cara mengolah tanah yang baik dalam berkebun

Pada dasarnya pengolahan tanah konservasi merupakan pengolahan tanah yang meninggalkan residu tanaman sebelumnya pada penanaman tanaman berikutnya. Manfaat dari pengolahan tanah konservasi adalah mengurangi erosi tanah dan memperbaiki retensi air tanah, sehingga tanaman lebih tahan terrhadap kekeringan ketika musim kemarau. Manfaat tambahanya adalah dapat mengurangi penggunaan bahan bakas, meningkatkan leksibilitas penanaman dan pemanenan, mengurangi kebutuhan tenaga kerja, dan memperbaiki kondisi fisik tanah.

Cara mengolah tanah yang baik dengan menyebar kotoran ternak di lahan untuk membiarkannya membusuk dan berharap sejumlah nutrisi tersisa setelah amoniak menguap dan nitrit jika tidak tercuci oleh hujan atau air irigasi.

Pengolahan kotoran ternak dalam kondisi an-aerob, diikuti dengan oksidasi dalam bak terbuka menggunakan ganggang alami menghasilkan oksigen bebas melalui fotosintesis, sebelum kotoran tadi mengalir ke dalam tambak, dapat mengkonversi hampir 100 persen bahan organik ke bahan non organik, yang tidak mengurangi kesuburan pada tanah yang akan dibajak. Maka, secara teoritis, merupakan salah satu untuk meningkatkan kesuburan pada tanah dan hasil panen yang memuaskan.

Kesesuaian antara tanaman dengan jenis tanah dan kondisi lingkungan. Tanah yang ideal untuk menumbuhkan sayuran organik yang mempunyai drainase baik, kedalaman tanah cukup dan mempunyai kandungan bahan organik yang relatif tinggi. Pada tanah-tanah berpasir di florida, penambahan mulsa dan kompos selama 3 tahun atau lebih dapat menghasilkan produksi tanaman organik yang baik.




Baca juga : Cara menyuburkan tanah secara alami. Cara menyuburkan tanaman. Cara pengolahan tanah. Alat dan mesin pengolahan tanah. Alat pengolahan tanah. Alat pengolahan tanah modern. Cara menanam jagung. Cara menyuburkan tanah. Cara menyuburkan tanah merah. Cara menyuburkan tanah sawah. Cara pengolahan tanah sawah. Jurnal pengolahan tanah. Macam macam pengolahan tanah. Makalah pengolahan tanah. Mesin pengolah tanah. Mesin pengolah tanah kebun. Mesin pengolah tanah kering. Metode pengolahan tanah. Pengolahan tanah. Pengolahan tanah dan air. Pengolahan tanah padi sawah. Pengolahan tanah pertanian. Pengolahan tanah sawah. Peralatan pertanian. Pola pengolahan tanah. Sistem pengolahan tanah. Teknik pengolahan tanah. Traktor tanah. Traktor tanah kering.  Tujuan pengolahan tanah. Bajak sawah.

0 Response to "Cara pengolahan tanah kebun yang subur"

Posting Komentar

Arsip