Tips menanam mentimun cepat tumbuh

Baca Juga

Tips menanam mentimun cepat tumbuh - Dalam menanam mentimun yang mudah dan dapat menghasilkan buah yang baik. Maka perlu diperhatikan pada saat pembibitannya karena tanaman mentimun ini tergolong jenis tanaman yang sensitif pada awal bibitnya tumbuh. Kemudian juga perlu diperhatikan pada jarak tanamnya yang disebabkan tanaman ini merayap kemana-mana. Lahan yang baik untuk penanaman mentimun adalah tanah yang memiliki unsur jenis yang masih subur, tanah harus digemburkan dahulu dengan cara di cangkul atau dibajak sedalam kurang lebih 20-30 cm untuk membalikan posisi tanah dari bawah ke atas

Tahap pembibitan mentimun dari benih
Menanam benih mentimun 1 inci lalu mengatur jarak 4 inci terpisah, biasanya tanaman tersebut cepat merambat keatas. Jika tidak, tanaman tipis untuk sekitar satu kaki terpisah, memungkinkan 3 kaki antara baris.  Tambahkan mulsa organik, jerami, atau hitam terpal plastik untuk membantu menjaga akar yang dangkal tetap lembab.

Tahap pembibitan mentimun dari benih

Tanah harus digemburkan dahulu dengan cara di cangkul atau dibajak sedalam kurang lebih 20-30 cm untuk membalikan posisi tanah dari bawah ke atas. Media lahan haruslah tersinari matahari dengan baik, karena tanaman ini termasuk ke dalam tanaman yang rentan sehingga perlu memiliki perawatan yang baik. Tingkat keasaman tanah yang disarankan adalah 6 sampai dengan  ph 7.

Waktu yang paling tepat menanam tanaman mentimun pada saat pertengahan akhir musim semi, setelah cuaca dan tanah telah menghangat. Benih dapat ditanam dalam kebun dalam jangka waktu seminggu maka benih tersebut akan tumbuh sebulan sebelum berkebun sayur dianggap aman di luar ruangan karena akhir peringatan es potensial untuk musim dingin.

Tanah yang baik berkebun mentimun
Ideal tempat menanam mentimun dalam kebun yaitu yang dapat disinari matahari langsung secara penuh. Dan kemudian pada kebun juga harus memiliki tanah yang gembur yaitu tanahnya tidak kering dan juga tidak terlalu lembab.

Tahap penyiraman pada tanaman mentimun
Tanaman mentimun membutuhkan lebih banyak air dibandingkan dengan jenis tanaman lain. Kekurangan air dapat menyebabkan mentimun menjadi kecil dan pahit. Maka lakukanlah penyiraman yang teratur untuk menjaga tanah disekitar tanaman tetap lembab. Waktu yang paling baik menyiraman tanaman mentimun adalah di sore hari.

Waktu memanen mentimun baik
Pada memenanen mentimun harus diletakan dalam suhu yang sejuk karena buah ini rentan sekali kehilangan cairan jika ditempatkan dalam cuaca yang panas, sehingga agar buah tetap terjaga kesegarannya harus ditempatkan dalam cuaca yang baik. Mentimun sudah memasuki masa siap panen saat berumur 75 hari dari waktu tanam. Panen bisa dilakukan setiap hari secara bertahap dengan mengambil terlebih dahulu buah yang sudah siap panen.

0 Response to "Tips menanam mentimun cepat tumbuh"

Posting Komentar

Arsip