Cara terbaru pembibitan ikan mas yang efektif

Baca Juga

Cara terbaru pembibitan ikan mas yang efektif - Pembibitan pada ikan mas sangat berbeda dengan pembibitan pada ikan lain. Di antaranya dengan membuat kolam yang tepat untuk ikan mas untuk mempermudah induk ikan mas menjaga menjaga anaknya dan berkembang biak, kemudian juga harus memastikan bahwa pasangan ikan mas mempunyai reproduksi yang subur yang akan mendorongnya prokreasi dan juga pastikan inkubasi yang benar saat telur menetas. Semua langkah ini sangat penting dalam perkembangbiakan ikan mas yang efektif. 

Hal ini juga dapat memakan waktu dan biaya modal yang mahal, sehingga sulit untuk menghasilkan keuntungan pada usaha tersebut. Namun, jika cara dalam pembibitannya dilakukan dengan benar maka banyak bibit yang selamat. Kuncinya merupakan perhatian terhadap cara yang dilakukan dengan tepat dengan penuh kesabaran dalam pembibitan ikan mas.

Pembibitan ikan mas secara efektif dibutuhkan waktu yang lama untuk mebuat kolam yang tepat untuk ikan kawin. Membeli induk ikan mas yang berumur hampir satu tahun pada bulan juli dan agustus adalah di bulan tersebut sangat baik untuk perkembangbibakan pada ikan mas. Kemudian juga ikan harus benar-benar disesuaikan dengan habitat ikan antar betina dan jantan dalam musim kawin.

Cara terbaru pembibitan ikan mas yang efektif


Hal pertama yang ingin lakukan dengan mempersiapkan tempat yang berukuran sedang besar yang dapat menahan setidaknya 4 galon, atau 15 liter air tempat tersebut untuk membersihkan atau penetrasi air pada induk ikan yang baru di beli. Dengan menambahkan 80 tetes mata dari formaldehyde, 6 tetes copper sulphate dan hanya 1 ukuran kecil terramycin, akan dapat membersihkan ikan mas dan tempat untuk menyimpan semua sehat.

Membuat kolam ikan mas yang efektif. Kolam tempat pembibitan ikan mas stidaknya harus bisa menampung 20 galon (75,7 liter) air. Selain itu, tambahkan alat peraga yang diperlukan untuk habitat ikan mas alami. Hal ini biasanya termasuk tanaman alami yang berserat dan di tempatkan di sekitar pinggir kolam.

Ketika betina bertelur, ikan biasanya jangkar ikan untuk sesuatu yang padat. Jika akan membiarkan ikan berkembang biak secara alami, pasti ingin kolam yang subur. Jika akan berkembang biak ikan artifisial, tidak ada tanaman yang diperlukan, meskipun ikan meningkatkan kualitas hidup dan berfungsi sebagai filter air yang efektif saat ikan tidak berkembang biak.

Mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam mops pemijahan. Pemijahan pel terbuat dari mengambang tali nilon di mana betina mengirim telur ikan.tidak perlu pel pemijahan jika memiliki banyak sikat, bahan dari tanaman tanaman, atau bahan berserat lainnya, cara ini mudah dan juga efisien dalam menjaga telur ikan mas, ikan mas yang telah dewasa cenderung makan telur.

Ikan mas yang kuat muda yang ideal karena kesuburan tinggi dan dorongan reproduksi ikan mas. Untuk ikan mas betina, mencari ikan dengan belakang dan dada area yang luas; untuk jantan, mencari jodoh yang besar (sekitar mana saja dari 4 sampai 6 inci) yang juga merupakan perenang cepat. Jantan dengan banyak tuberkel kecil di belakang kepala ikan di insang ikan adalah tdari pasangan ideal.

Untuk campuran ideal peternak, mencoba untuk mengisolasi tiga jantan terbaik dan dua terbaik ikan mas betina.

Akan melihat bahwa ikan mas jantan akan menanggung warna yang lebih ringan di sekitar daerah perut ikan dan berenang dengan cepat di sekitar tangki, biasanya mengejar betina. Betina akan menjatuhkan telur lebih salah satu tanaman, setelah ikan mas jantan akan mendistribusikan sperma di atas telur untuk membuahi ikan. Jika melewatkan momen prokreasi, tetapi melihat telur di tanaman, ikan mungkin telah dibuahi.

Memperkenalkan satu jantan dan satu betina bersama-sama dalam tangki dangkal. Lembut memegang ikan mas jantan dan ringan menggosok lubang nya, kliring itu sperma. Aduk sperma dalam air dan ulangi proses yang sama dengan ventilasi betina, melepaskan telur-telurnya. Aduk air lagi untuk menggabungkan sperma dan telur.

Sangat jahe dengan inseminasi buatan. Ikan mas bisa memar dengan mudah, sehingga menerapkan tekanan yang sangat ringan ketika membersihkan ventilasi ikan.
Tidak harus terus ikan mas di bawah air seperti yang menekan ventilasi ikan. Mas, seperti ikan lainnya, dapat bernapas di luar air, meskipun tidak juga. Pastikan untuk menjaga ikan keluar dari air tidak lebih dari 30 detik pada suatu waktu.

Sayangnya, ikan mas di penangkaran memiliki kecenderungan untuk makan telurnya. Hal ini membuat perlu untuk memisahkan ikan tua dari telur ikan segera untuk memastikan batch penuh telur menetas berhasil. Telur dibuahi akan menetas dalam waktu 4 sampai 7 hari, tergantung pada suhu air.

Ketika telur akhirnya tidak menetas segera setelah ikan dibuahi, dapat memberi ikan makan makanan yang sama yang makan ikan dewasa. Hanya memastikan bahwa ikan berada dalam gigitan bahkan lebih kecil dari makanan ikan dewasa sehingga mulut ikan lebih kecil dan tenggorokan mampu menelan.
Boleh juga melakukan transplantasi pad ikan mas dan cobalah untuk menjaga telur dalam air jangan sampai dimakan oleh ikan lain.

Mulai meningkatkan diet ikan mas. Tanpa tiba-tiba mengubah diet ikan mas, mulai memperkenalkan non-pelet makanan, seperti udang air asin atau cacing hitam hidup, ke dalam tangki ikan. Ini mensimulasikan karunia alami musim semi, ketika ikan mas suka untuk berkembang biak. Beberapa petunjuk tentang makan ikan mas secara umum:

Cara membaeri pakan ikan mas yaitu dalam jumlah kecil tapi harus sering dan teratur pada waktu tertentu. Memberi pakan tiga kali sehari, berhati-hati untuk tidak meloloh ikan. Banyak pemilik ikan mas membuat kesalahan dengan terlalu banyak memberi pakan ikan , tenggelam ke dasar tangki, membusuk dan merusak air dan dapat memperlambat pertumbuhan bibit ikan.

Mensimulasikan musim semi dengan menjatuhkan suhu dan kemudian membuatnya secara bertahap lebih hangat. Ikan mas berkembang biak di musim semi, sehingga ingin meniru memanas air. Untuk melakukan ini, pertama menurunkan suhu antara 10 ° c (50 ° f) dan 12 ° c (54 ° f). Kemudian, ketika siap untuk berkembang biak, menaikkan suhu sebesar 2 ° c (3 ° f) per hari, sampai suhu antara 20 ° c (68 ° f) dan 23 ° c (74 ° f).

Perubahan air parsial adalah penting untuk kesejahteraan umum ikan dan dalam menstimulasi kondisi peternakan khusus. Hapus sebanyak 20% dari air di tangki sehari-hari, pastikan tidak melebihi jumlah ini.

Sexing ikan mas mungkin tugas yang paling penting dalam pemuliaan; jelas, jika menempatkan sekelompok ikan mas jantan bersama-sama karena tidak dapat membedakan ikan, tidak akan berakhir dengan keturunan apapun. Inilah yang betina cenderung terlihat seperti:

Lihatlah bentuk ventilasi ikan. Ventilasi adalah lubang kecil antara anus dan sirip anal mana ikan mengeluarkan telur atau sperma, tergantung pada reproduksi ikan mas. Ventilasi betina bulat dan cembung, seperti outie.

Rasakan perut. Perut, antara sirip perut dan dubur, sangat lembut dan bergerak untuk wanita.
Lihatlah sirip dada. Sirip dada betina bulat dan pendek.
Secara keseluruhan, ikan mas betina cenderung sedikit lebih kecil dan bulat dari ikan mas jantan, yang cenderung lebih panjang dan pointier. Ini, bagaimanapun, adalah cara yang kurang dapat diandalkan untuk memberitahu dua terpisah.

Ikan mas jantan cenderung sedikit lebih kecil dari pada ikan betina ikan. Ikan juga dapat dibedakan dengan melihat ciri-ciri sebagai berikut:

Kehadiran bintang putih kecil, atau tuberkel. Tuberkel adalah benjolan kecil yang muncul pada sirip, kepala, dan bahkan insang jantan ketika ikan siap untuk berkembang biak.
Sebuah cekung, atau innie, curhat. Jantan memiliki ventilasi yang irisan ke dalam bukannya tonjolan luar.
Rasakan perut. Di perut ikan mas jantan jauh lebih kaku dan keras dari pada betina.
Lihatlah sirip dada. Sirip dada jantan yang pointier dan lebih lama dibandingkan dengan singkat, sirip dada putaran betina.

Selama musim kawin, ikan jantan mulai mengejar di sekitar ikan mas betina, lamban pada awalnya, tetapi dengan meningkatnya semangat. Memperkenalkan betina yang dikenal ke dalam tangki dan mencari reaksi dari ikan lain dalam mempercepat ikan kawain dan bertelur dan dapat mengahsailkan bibit ikan mas yang baik.

0 Response to "Cara terbaru pembibitan ikan mas yang efektif"

Posting Komentar

Arsip