Panduan pembibitan ikan hias air tawar arwana

Baca Juga


Panduan pembibitan ikan hias air tawar arwana - Ikan arwana termasuk dalam kategori ikan yang banyak gemari di seluruh dunia. Tidak sedikit orang yang menyukai ikan arwana karena keunikan dan keindahan ikan arwana, selain itu ikan arwana harganya juga sangat mahal sehingga cocok buat kita jika ingin berbisnis ikan arwana atau sekedar memeliharanya untuk dinikmati keindahannya. Ikan hias air tawar arwana di juluki sebagai ikan naga karena mempunyai dua sungut yang berada di bawah bibirnya yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mangsanya, hal itulah yang menyebabkan ikan arwana juga sebut sebagai ikan predator. Banyak cara dalam panduan ikan hias seperti bagaimana beternak ikan hias, budidaya ikan hias, mencari eksportir ikan hias, pembibitan ikan arwana hias, ikan hias rainbow, jenis ikan hias tercantik, nama ikan hias, kolam ikan hias, jenis ikan hias aquarium, kontes ikan hias, pasar ikan hias jakarta, kolam ikan hias minimalis.
Pada panduan pembibitan ikan hias arwana tahapan pertama yang harus kita lakukan dalam membudidaya ikan arwana adalah menyiapkan media untuk budidaya yaitu akuarium beserta perlengkapannya. Jumlah akuarium yang dibutuhkan untuk budidaya ikan arwana adalah sekitar 5 akuarium. Sedangkan, perlengkapannya kita harus menyiapkan alat pengukur suhu, aerator, heater, filter air dan lampu.

Kemudian air di kolam maupun di akuarium harus terjaga kejernihannya. Dan harus benar-benar jernih dan usahakan air terus mengalir, jadi anda harus membuat filter untuk akuarium maupun kolam anda. Lalu untuk ph, usahakan anda menjaga kadar ph dalam air yaitu 6 atau 7, jangan lebih atau kurang. Sedangkan untuk temperatur, usahakan berada diposisi 26 derajat sampai 30 derajat. Jangan lupa untuk selalu menerangi selalu akuarium atau kolam anda, dan jangan taruh dibawah sinar matahari langsung.

Panduan pembibitan ikan hias air tawar arwana

Jika untuk media kolam, anda harus benar-benar mempunyai kolam yang besar. Karena kolam yang besar bisa menampung beberapa induk arwana.  Biasanya, kolam untuk pengembangbiakan arwana butuh yang cukup luas, bisa 20m x 5m atau bisa lebih. Walaupun budidaya lewat kolam, anda bisa memilih induk dari akuarium. Setelah induk siap, anda bisa memindah ikan arwana kedalam kolam.

Pada pembibitan ikan hias air tawar arwana juga sangat tergantung kualitas induk ikan arwana yang harus di kembangbiakkan sangat mempengaruhi terhadap hasil yang akan di peroleh. Jika indukan yang kita gunakan memiliki kualitas yang sangat baik, maka kemungkinan besar hasil yang dapat kita peroleh juga akan baik, begitu juga dengan sebaliknya. Karena itulah, pilih indukan yang memiliki kualitas terbaik untuk kita kembangbiakkan.

Persiapan bibit ikan arwana
Untuk induk arwana betina harus memiliki kepala kecil dari badan, gerakan sangat lambat kemudian memiliki tubuh yang lebig buntal atau gendut dan sudah berumur 1-1,5 tahun atau sudah siap kawin.

Untuk induk arwana jantan juga harus memiliki kepala sangat besar, gerakannya juga harus lincah dan memiliki tubuh yang lebih ramping di bandingan dengan betina kemudian sudah berumur 6- 7 bulan atau sudah siap kawin.

Untuk induk ikan arwana yang siap untuk dikembangbiakkan adalah ikan arwana yang berumur 4 tahun atau lebih. Usahakan anda memisahkan ikan arwana indukan ini dengan ikan arwana lain. Kenapa? Karena anda harus memberinya makanan yang khusus, yaitu udang. Walaupun ikan arwana remaja juga memerlukan udang, tetapi ikan arwana dewasa tentu lebih lambat daripada ikan arwana remaja.

Indukan ikan arwana yang paling keren juga harus  memiliki warna yang sangat baik dan induk arwana berasal dari variates dan jenis yang sangat berkualitas. Lalu berat badan ikan mencapai 200-300 gram dan panjang tergantung dengan usia. Dalam pemijahan atau pembenihan dapat di lakukan selama 1- 2 bulan agar lebih baik bahkan juga lebih.

Dalam pemijahan ikan arwana dapat di lakukan pada kolam apapun, namun harus melakukan penyeterilan pada kolam dan terbebasa dari hama dan penyakit. Sebelum pemijahan di lakukan sebaiknya lakukan pengelolahan kolam dengan memberikan pengapuran dan juga pemberian pupuk kandang . Hal ini bertujuan agar hama dan penyakit tidak mengendap dan juga memberikan pakan alami buat ikan arwana.

Sebelum memisahkan ikan arwana indukan, anda harus benar-benar tahu mana ikan arwana yang sudah menemukan pasangan. Ketika anda mencoba mempasangkan ikan arwana betina dan jantan, biasanya tidak sulit. Ikan arwana akan cepat menemukan pasangannya ketika didalam akuarium atau kolam terdapat ikan arwana yang berlawanan jenis.

Ketika ikan arwana betina mengeluarkan telur, maka ikan arwana jantan seakan akan memakan telur tersebut. Padahal, telur ikan arwana tersebut akan dibuahi oleh ikan arwana jantan sampai keluar menjadi larva. Dan larva yang sudah dikeluarkan oleh ikan arwana jantan biasanya yang sudah berumur 8 minggu.

Benih ikan arwana yang berukuran sekitar 1 cm, sebaiknya diberi makan cacing pita. Setelah benih-benih tersebut tumbuh besar hingga berukuran sekitar 12 cm. Setelah benih sudah mencapai ukuran 12 cm, benih-benih tersebut kamu pisahkan dengan induknya. Agar induk ikan arwana tidak memakan benih-benih tersebut pada saat lapar.

Dalam memanen ikan arwana tergantung dengan varietes yang di budidayakan, pemanen ini biasanya membutuhkan waktu 7-8 bulan setelah masa pembesaran. Hal ini dilakukan dengan cara mengeringkan dengan cara mengeringkan kolam, kemudian menjaringnya dan memasukan kedalam wadah yang sudah disiapkan. Ikan arwana yang paling dicari merupakan ikan arwana yang eksotis dan juga harus mempunyai warna yang indah. Usahakan benar-benar menjaga warna dan kondisi ikan arwana.


0 Response to "Panduan pembibitan ikan hias air tawar arwana"

Posting Komentar

Arsip