Cara Petani Budidaya Tanaman Pir

Baca Juga

Cara Petani Budidaya - Menanam tanaman pir yang baik dan berbuah lebat. Bagaimana cara budidaya yang baik untuk tanaman pir dan berbuah elok dan manis, cara budidaya tanaman pir sangat mudah dilakukan disebabkan tanaman ini bisa tumbuh dimana saja seperti di kebun maupun di perkarangan rumah. 
 
Cara Petani Budidaya Tanaman Pir

Tanaman pir merupakan salah satu pohon yang mudah berbuah dan paling cepat berbuah secara terus menerus dan sangat indah jika di tanam di halaman rumah dan sangat baik di tanam pada musim dingin atau musim hujan. Pohon pir mudah dipangkas dan mudah dibentuk sesuai dengan keinginan kita.

Kita sering bertanya-tanya apakah itu mungkin untuk tumbuh pir lezat dari biji kecil buah pir yang sering kita makan? oh tentu. karena biji buah pir yang sering kita konsusmsi juga bisa menjadi bibit yang baik maka dari itu kita harus bersemangat untuk belajar tentang panduan cara pembibitan tanaman pir dari biji. Setelah tumbuh benih, kita dapat menanamnya ke dalam wadah atau dalam polibag, dan menunggu benih tumbuh hingga menjadi bibit kecil yang kuat.

Cara Petani Budidaya Tanaman Pir yang produktif dapat menghasilkan banyak buah yang lezat. Kebanyakan tanaman pir membutuhkan perawatan yang teratur dari pembibitan hingga panen. Pastikan untuk memilih jenis-jenis bibit pir yang berkualitas dan perhatikan juga jarak menanam bibitnya.

Terlebuh dahulu sediakan beberapa bahan berikut ini.
1 cangkir plastik
1 buah pir
1 cangkir cetakan
4 tusuk lidi

Ikutilah langkah-langkah berikut ini panduan cara  pembibitan tanaman pir hingga panen

Langkah pertama
Ambil gelas plastik, empat lidi, pir, ayam, dan beberapa tanah. Sebaiknya, pilih campuran pot serbaguna untuk tanah. Menempatkan air dalam gelas plastik. Meletakkannya di meja. Saudara tempatkan benih di cangkir plastik, lalu isilah kedalam cangkir dengan air dan dimasukkan ke dalam lemari es sekitar satu minggu.

Langkah kedua
Cara kita memisahkan biji buruk dari yang baik. Juga benih di musim dapat tumbuh cepat. Kita akan membutuhkan pot yang lebih besar pada saat umur tanaman pir sudah mencapai 3 bulan kemudian, kemudian keringkan empat dari biji dengan meninggalkan biji di piring di tempat yang hangat untuk satu atau dua hari. Kemudian mentransfernya ke kantong plastik ditutup kembali. Menyimpannya di tempat yang dingin dan teduh.
 
Langkah ketiga
Menjaga empat biji lain dan tempatkan biji di cangkir air. Masukkan gelas air dengan biji di dalam lemari es selama empat sampai lima hari.
Langkah keempat, saudara mengosongkan air dan mengisi cangkir dengan cetakan lembut dan air seperti dengan hati-hati.

Langkah kelima
Saudara menggunakan lidi untuk mendorong sekitar 1,5-2 cm 4 biji dalam cangkir dan lidi seperti spidol di wadah tersebut, posisikan cangkir plastik di samping jendela yang cerah dan ditempatkan di atas botol plastik untuk mendapatkan sinar matahari supaya pertumbuhannya cepat.

Langkah keenam
Siramlah bibitnya dengan rutin agar menjaga tanahnya tetap lembab

Langkah ketujuh
Jika semua berjalan dengan baik  dalam tiga bulan, selanjutnya potonglah cangkir plastik memisahkan akar lembut dan menanam setiap pohon pir dalam satu polybag satu.

Langkah kedelapan
Panduan cara pemindahan bibit pir yang baik yaitu ketika bibit buah pir sudah besar. Pastikan bahwa anda akan tinggal di tempat yang sama untuk waktu yang cukup lama untuk membuat cukup tua dan indah cukup bahwa tidak ada pembeli baru rumah akan menebang atau berpikir itu gulma dan menariknya keluar. Jika anda harus bergerak, pastikan setidaknya sehat sebelum pembeli melihatnya, sebagai yang sakit diwariskan sering tidak layak kesulitan untuk siapa pun yang mendapatkannya dan akan dipotong. Selanjutnya ketika daun tanaman pir sudah kering di musim dingin jaga agar tetap terus menyiramnya.

Langkah memanen buah pir
Ketika bibit sudah dalam pot besar, menempatkan mereka di luar di pot sebagai bibit tumbuh untuk memperkuat tanaman dan menyesuaikan sesuai dengan cuaca dan suhu udara. 

Langkah memanen buah pir

Untuk menikmati hasil panen  buah pir yang melimpah maka dari itu hal yang sangat diperhatikan adalah bagaimana cara menanam bibit tanaman pir hingga perawatannya dan menjaga kelembapan lahan tanam pir yang baik, kemudian ketika pohon pir sudah berbuah lakukan pemupukan secara teratur dan memotong tunas dahan yang tidak diperlukan atau biasa di sebut dengan ranting.

Kebanyakan buah pir dipetik saat sudah matang atau hampir matang. Ciri-ciri buah pir yang sudah siap panen yaitu buahnya berbintik sedekit pada kulit putihnya dan inti isinya cokelat. Panen pir boleh juga saat buah mencapai ukuran bulat penuh tapi masih hijau sedikit putih.

Selanjutnya jangan lupa menyimpan buah pir yang telah di panen pada tempat yang sejuk dan teduh. Selamat menikmati hasil panen buah pir yang banyak dan memuaskan. Demikanlah Cara Petani Budidaya Tanaman Pir, selamat sukses dan terimakasih.

0 Response to "Cara Petani Budidaya Tanaman Pir"

Posting Komentar