Trik cara pembibitan dan penanaman tomat yang efektif

Baca Juga

Trik cara pembibitan dan penanaman tomat yang efektif - Tomat kecil biasanya disebut tomat ceri, tomat besar disebut tomat medan atau tomat bistik. Tomat berbentuk telur disebut pasta atau tomat selai. Pilih tomat tumbuh sesuai dengan bagaimana anda berencana untuk menggunakannya: tomat untuk salad dan hiasan, tomat bistik untuk mengiris, pasta tomat untuk saus.

Beberapa tomat tumbuh ke ukuran-ini semak disebut determinates. Lainnya sprawl atau tumbuh sebagai tanaman merambat-ini disebut indeterminates. Tomat yang tidak angkutan bus atau vining disebut semi-determinates. Ada lebih dari 1.000 varietas tomat merah, yang lain orange pink, kuning, ungu, coklat, keputihan-hijau, atau bergaris.

Trik cara pembibitan dan penanaman tomat yang efektif

Tomat matang dalam 50 sampai 90 hari dari waktu mereka dipindahkan. Tomat biasanya ditransplantasikan sekitar 40 sampai 60 hari setelah tanam benih. Itu berarti bahkan tercepat jatuh tempo berbagai tomat membutuhkan sekitar 90 hari untuk mencapai kematangan dari menabur.

Tips menabur benih tomat dan penanamannya

Menanam tomat dari benih atau bibit.
Benih layak untuk 4 tahun.
Tomat biasanya dimulai di dalam ruangan dalam rumah kaca atau dalam hangat, sunroom remang atau dapur.
Menabur tomat 10-7 minggu sebelum anda berniat untuk mengatur tanaman ke kebun.

Menabur tomat dalam pot individu dengan campuran pot cahaya.
Menabur 3 sampai 4 biji ke panci maka klip pergi bibit lemah sekali bibit terkuat adalah sekitar 2 inci (5 cm) tinggi.
Menabur benih ½ inci (13 mm) yang dalam.
Suhu tanah perkecambahan dapat berkisar antara 65-86 ° f (18-30 ° c); suhu tanah optimum untuk benih berkecambah adalah 86 ° f (30 ° c).

Perkecambahan membutuhkan waktu 5 sampai 7 hari pada 75 ° f (24 ° c) atau hangat.
Menjaga benih campuran awal hanya lembab sampai biji berkecambah.
Benih tomat dapat ditanam langsung di kebun jika suhu tanah adalah cukup hangat-dan ada cukup hari di musim untuk tanaman untuk mencapai kematangan.

Bibit biasanya dimulai di dalam ruangan sehingga bibit dapat pergi ke kebun ketika suhu tanah outdoor setidaknya 55 ° f (13 ° c) dan suhu udara malam hari secara konsisten 50 ° f (10 ° c) atau hangat; tanaman tidak akan berkembang dan harus dilindungi jika suhu udara adalah setiap dingin.

Jangan transplantasi bibit tomat di kebun sampai semua bahaya es adalah masa lalu kecuali tanaman akan dilindungi di bawah terowongan plastik atau cloche.

Bibit mulai di dalam ruangan harus disimpan di bawah sinar tumbuh atau di jendela cerah setelah perkecambahan untuk memastikan pertumbuhan lebat.

Air untuk menjaga campuran benih mulai dari pengeringan.
Pupuk dengan emulsi ikan atau pupuk lengkap larut pada setengah kekuatan.
Mentransfer bibit ke wadah yang lebih besar setelah mereka 2 sampai 4 inci (5-10 cm) tinggi; pastikan bahwa bibit memiliki ruang yang cukup untuk pertumbuhan akar. Proses ini disebut "pot up"; terus pot sampai bibit karena mereka mengatasi kontainer-sampai mereka dipindahkan ke kebun atau wadah yang sangat besar.

Transplantasi tomat ke dalam media yang kaya tanah kebun 12-24 inci (30-60 cm) selain untuk varietas determinate; 24-46 (30-90 cm) selain untuk varietas tak tentu.

Menambahkan pupuk kompos di lahannya tanam sebelum menanam tanaman tomat.
Tomat lebih kisaran ph tanah 5,5-6,8.
Menanam tomat di bawah sinar matahari penuh untuk hasil terbaik.
Jika anda menanam bibit dimulai oleh petani lain, pilih tanaman berumur 6 sampai 8 minggu; biasanya dalam pot 4-inci (10 cm). Periksa bagian bawah panci untuk memastikan akar tidak tumbuh melalui dan tanaman tidak akar terikat.

Ketika tanam bibit tomat, mengubur semua tapi 2 inci (5 cm) tanaman; pertama klip pergi daun dan cabang-cabang di bawah bagian atas set atau dua daun-baru akar akan tumbuh dari batang terkubur.
Hindari menanam tomat di mana kentang, paprika, atau terong telah tumbuh baru-baru ini.

Pupuk dengan pupuk organik seperti emulsi ikan di setengah kekuatan.
Musuh hama tomat umum termasuk kutu daun, wereng, looper kubis, kentang kumbang colorado, kumbang mentimun, kumbang loak, hornworms tomat, whitefies dan lain-lain.

Penyakit umum termasuk hama pada tanaman tomat, hawar awal, penyakit daun busuk, layu fusarium, tempat bakteri dan layu, sunscald, mosaik tembakau, layu verticillium, virus mosaik.

Kayuan: tanaman tomat dengan kacang semak, daun bawang, mentimun, selada, marigold, dan paprika.

Kontainer tumbuh: pilih wadah yang cukup besar untuk jenis tomat anda tumbuh; tomat tak tentu membutuhkan setidaknya wadah 15-galon, lebih besar akan lebih baik. Tomat determinate dapat tumbuh dalam wadah sedikit lebih kecil.


Aturan waktu penanaman tomat

10-8 minggu sebelum es terakhir di musim semi: mulai di dalam ruangan benih untuk tanam untuk taman di 8-6 minggu.
2 minggu sebelum es terakhir di musim semi: transplantasi bibit ke taman di bawah terowongan plastik.
Setelah es terakhir di musim semi melindungi tanaman dari malam dingin atau cuaca dingin dengan cloche atau dengan membungkus berputar poli baris mencakup sekitar kandang tomat.

Jenis dan klasifikasi tanaman tomat

Berikut ada beberapa jenis tomat dan klasifikasi pertumbuhannya.

Bentuk pertumbuhan tanaman tomat
Determinate jenis semak tumbuh dengan ukuran yang telah ditentukan dan kemudian berhenti-sekitar 3 kaki tinggi; buah matang sekaligus.
Tak tentu tanaman anggur-seperti dapat tumbuh dengan mudah ke 6 kaki atau lebih tinggi; buah matang selama periode-biasanya diperpanjang sampai tanaman dibunuh oleh embun beku.

Jenis semi-determinate tumbuh lebih tinggi daripada determinates tetapi lebih kecil dari indeterminates; buah matang lebih dan jangka.

Jenis varietas tomat
Ada lebih dari 1.000 varietas tomat di sini adalah panduan singkat jenis yang biasa ditanam.
Beefsteaks besar, buah berbentuk sedikit elips; biasa digunakan untuk mengiris.
Cherry adalah buah-buahan kecil sekitar 1 inci (2,5 cm) di diameter, biasanya merah atau kuning-emas berwarna.

Jenis varietas tomat


Jenis yang bulat dan bebentuk seperti telur atau buah pir seukuran buah anggur.
Jenis pasta berbentuk oval, buah kecil, tebal-meated digunakan untuk membuat pasta atau dalam memasak.
Jenis pir adalah tomat kecil yang telur-atau buah pir berbentuk.

Jenis plum juga disebut plum italia atau tomat roma, tanaman tersebut memanjang biasanya 2-4 inci.
Tanaman toamt dapat bervariasi dalam ukuran dan penampilan; ini adalah varietas yang telah di budidaya sejak sebelum akhir tahun 1940-an sebelum hibrida pertama diperkenalkan. Biji dari buah tomat dapat tanam dan akan tumbuh cepat.

Tanaman tomat hibrida bervarietas yang generasi pertama dari garis induk. Pada benih dari tomat ini tidak akan cepat tumbuh. Penyerbukan terbuka yang terjadi pada tomat yang bijinya dapat disimpan dan akan tumbuh cepat untuk tanamann hibrida.

0 Response to "Trik cara pembibitan dan penanaman tomat yang efektif"

Posting Komentar