Cara Menanam Semangka Berbuah Besar

Baca Juga

Cara Menanam Semangka Berbuah Besar - Tanaman semangka membutuhkan dua sampai tiga bulan untuk menghasilkan buah matang, penyebab yang membuat semangka berbuah besar sangat di pengaruhi pada cara menanam hingga perawatan bagaimana cara penyiraman pemupukan yang baik pada tanaman semangka.

Cara menutup lahan semangka menggunakan plastik sangat baik untuk menghangatkan tanah dan agar terhindar dari rumput liar dan melembabkan tanah di sekitar tanaman, kebanyakan petani menananam semangka selalu menutup lahan dengan plastik. Tips agar buah semangka besar yaitu lakukan pemupukan dan peyiraman yang teratur.

Cara Menanam Semangka Berbuah Besar
Semangka Berbuah Besar

Khasiat buah semangka sangat banyak dalam setiap kandungan nutrisinya yaitu mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Buah ini menggabungkan rasa enak dengan nutrisi yang sangat baik, tanpa kolesterol dan hampir tidak mengandung lemak dengan kata lain buah untuk diet .

Berikut ini penjelasannya bagaimana Cara Menanam Semangka Berbuah Besar

Syarat menananam semangka membutuhkan tanah yang hangat kemudian jangan menanam bibit saat cuaca panas sedang berlangsung karena akan terjadi layu pada bibit. Agar aman, tunggulah sampai paling tidak 2 minggu melewati musim panas. Sebelum penanaman, tutupi tanah dengan plastik hitam untuk mempercepat pemanasan tanah. Karena tanaman semangka sangat sensitif saat tumbuh maka persiapkan lahan tanam semangka dengan menambahkan rumput laut, pupuk kompos, atau pupuk dari pembusukan samapah. Untuk penyerapan hara terbaik, ph tanah harus antara 6 dan 6,8, meskipun tanaman akan mentolerir ph serendah 5.

Jika anda tinggal di dekat peternakan sapi, pilihan lain yang bekerja dengan baik adalah dengan menggali tanah sedalam 1 kaki, tambahkan lapisan pupuk segar setebal 9 inci, lalu tutupi dengan 3 inci tanah dicampur dengan kompos. Ini menciptakan lahan dengan dasar nitrogen tinggi yang alami hangat. Beberapa tukang kebun bahkan menanam semangka di tumpukan kompos mereka untuk memastikan pijakan yang hangat dan nitrogen yang memadai.

Selanjutnya persiapkan tempat untuk berkeliaran tanaman semangka, kemudian atur juga jarak tanaman terpisah 3 sampai 5 kaki. Setelah tanam, tutupi bibit dengan penutup terapung untuk mencegah serangga dan perangkap udara hangat di dekat tanaman.

Semangka berbuah besar banyak menghasilkan bunga jantan dan betina. Jangan khawatir ketika beberapa bunga jantan, yang muncul terlebih dahulu, jatuh sesaat setelah mereka membuka; mereka diikuti oleh bunga betina sekitar seminggu kemudian. Bunga betina, yang memiliki pembengkakan kecil di dasar bunga, tetap di pohon anggur untuk menghasilkan buah. Saat tanaman merambat mulai membawa bunga jantan dan betina, lepaskan selimut.

Penyebab gulma sebelum tanaman merambat mulai berjalan karena akan sulit bergerak di antara tanaman merambat pada tahap selanjutnya tanpa menghancurkannya. Mulsa tanah di bawah tanaman merambat membantu menekan gulma dan memperlambat penguapan kelembaban.

Air memainkan peran penting dalam menjaga tanaman merambat tetap sehat dan menghasilkan buah yang lezat. Tanaman merambat paling peka terhadap kekeringan selama ini dari penanaman sampai saat buah mulai terbentuk. Hindari penyiraman di udara. Selang air hujan atau irigasi tetes mengirimkan air langsung ke tanah, membantu mencegah kemungkinan penyebaran penyakit jamur di antara dedaunan basah.

Jauhkan tanah secara konsisten lembab, tapi tidak tergenang air, yang akan membunuh tanaman. Ini khas untuk daun layu di bawah matahari tengah hari, tapi seharusnya tidak tetap layu sampai malam. Tanaman merambat di awal pagi sehingga daun bisa mengering sebelum matahari terbenam, yang selanjutnya akan membantu mencegah penyakit jamur.

Jaga agar semangka dari kontak langsung dengan tanah untuk mencegah membusuk dan melindungi buah dari hama dan hewan pengerat. Saat semangka berbuah besar atau seukuran bola kaki, Kemudian letakkan di atas lahan jerami atau kardus. Mengatur buah pada permukaan yang memantulkan cahaya, seperti bahan dari aluminium, akan memusatkan panas dan mempercepat pemasakan. Jika makhluk besar, seperti groundhog, temukan semangka anda, lindungi pemasakan buah dengan menutupinya dengan keranjang cucian yang ditimbang dengan beberapa batu bata.

Beberapa petani suka mengganti pupuk selama musim tanam. Untuk melakukan ini, gunakan pupuk dengan lebih banyak nitrogen dari pada fosfor dan kalium selama periode antara tanam dan saat bunga pertama dibuka. Setelah berbunga dimulai, gunakan pupuk dengan sedikit nitrogen dan lebih banyak fosfor dan potasium, seperti makanan violet afrika atau rumput laut cair.

Tips menanam semangka bagi petani sering kali mencubit tunas yang tumbuh di sekitar batang semangka mulai matang akan menyebabkan tanaman mengalihkan semua energinya ke pematangan buah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ini salah. Ini adalah daun pohon semangka yang menghasilkan gula yang mempermanis buah, jadi apapun yang mengurangi jumlah daun yang tersedia untuk produksi gula justru mengurangi manisnya semangka.

Di daerah yang lebih dingin, hilangkan bunga yang mulai berkembang dalam waktu 50 hari dari hari es dingin rata-rata di daerah anda. Ini akan membantu memastikan bahwa sisa buah yang lebih besar akan matang sebelum embun beku. Kebun tanaman semangka sangat tergantung pada lebah untuk menyerbuki bunga, sangat sejuk, cuaca mendung di musim semi akan memperlambat perkembangannya, karena lebah kurang aktif dalam kondisi seperti itu. maka tunggulah sampai cuaca hangat.

Cara Membasmi Hama Tanaman Semangka

Membasmi penyakit jamur pada tanaman semangka dengan fungisida. Penyakit jamur dapat terjadi dengan cepat pada daun semangka. Bedak daun alternaria, antraknosa, dan batang pohon bergetah menghasilkan bintik pada daun, sedangkan hawar batang juga membentuk bagian yang dikelantang atau cokelat pada batang dan membusuk pada buah. Dan dapat menyebabkan bintik-bintik hijau kuning atau pucat, sementara embun tepung menghasilkan bintik-bintik putih pada daun.


Cara Membasmi Hama Tanaman SemangkaHama yang sering menyerang tanaman semangka seperti Kutu hijau pada daun semangka. penyebaran hama ini dengan menjajah di setiap daun semangka, jadi periksa daun bagian bawah setiap hari. Jika anda melihat kutu daun, obati dengan sabun insektisida. Kumbang mentimun berbintik dan bergaris dapat menyerang tanaman merambat, mentransmisikan penyakit layu bakteri, yang menyebabkan tanaman merambat runtuh tanpa kemungkinan pemulihan. Cara basmi kumbang dewasa dengan rotenone atau insektisida berbasis pyrethrum dan lakukan pada senja hari untuk menghindari lebah madu.

Ciri-ciri Buah Semangka Siap Panen

Semangka biasanya matang selama dua minggu. Begitu satu semangka sudah matang, yang lainnya tidak akan jauh tertinggal. Sekitar seminggu sebelum semangka matang, air hanya diperlukan untuk menjaga tanaman merambat dari layu. Pemotongan air menyebabkan gula berkonsentrasi pada buah.

Terlalu banyak air mengurangi rasa manis. Anda bisa menilai kematangan semangka dengan warna kulitnya. Kulit berubah dari terang ke hijau kusam, dan bagian yang menyentuh tanah bergeser dari kuning kehijauan atau kuning jerami menjadi kaya, berwarna kuning krem.

Petani juga banyak menilai kematangan semangka dengan mengetuk pada kulit dan mendengarkan bunyi gedebuk bernada rendah, karena kita dapat memprediksi buah semangka siap panen dengan mengetuk beberapa buah yang sudah besar dan padat jika Buah yang kurang matang jika di ketok maka suaranya nyaring dan bernada tinggi.
Demikianlah artikel dari petani maco tentang Cara Menanam Semangka Berbuah Besar dan semoga bermanfaat, salam petani sukses dan terimakasih.

0 Response to "Cara Menanam Semangka Berbuah Besar"

Posting Komentar