Cara Petani Budidaya Tanaman Anggur

Baca Juga

Cara Petani BudidayaTanaman buah anggur merupakan salah satu jenis tanaman berbuah manis dan lezat, buah anggur banyak di konsumsi dan disukai oleh semua penduduk di dunia terutama untuk makanan hidangan para bangsawan zaman dahulu di waktu ada kerajaan-kerajaan.

Buah anggur selain manis rasanya dan segar di lidah penikmatnya kemudian juga pada bentuknya sangat menarik dipandang mata.tanaman buah anggur cocok sekali dijadikan menu hiasan makanan di meja makan atau pun di acara pesta perkawinan. 

Cara Petani Budidaya Tanaman Anggur

Berikut ini Cara Petani Budidaya Tanaman Anggur 

Tahapan pertama adalah melakukan pembibitan dalam polibag alasannya untuk membuat suatu keindahan tanaman anggur  dan juga untuk kesuburannya maka polibag harus yang bagus dan baik, seperti polibag plastik, polibag semen dan boleh juga polibag yang terbuat dari tanah kemudian buatlah diameter permukaannya harus lebih besar dari pada permukaan bawahnya.

Jenis bahan polibag yang baik untuk tanaman buah  anggur yaitu  polibag yang berbahan dasar tanah, hal ini cukup baik pengaruhnya bagi tanaman,

karena polibag dari bahan dasar tanah memiliki pori-pori pada bagian dasarnya yang dapat menyerap air.

Tanaman anggur dalam polibag yang sudah berbuah dan memiliki bentuk yang indah akan memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibanding bibit anggur yang hanya ditanam di polibag saja dan tidak berbentuk, walaupun tujuannya untuk menghiasi lingkungan rumah atau dijadikan tanaman hias namun buah yang dihasilkan dapat dimakan juga, dan tidak hanya itu saja kelebihannya.

Tanaman anggur selain dapat di tanama di kebun juga dapat ditanam di dalam polibag, dan tidak hanya cukup dengan keindahan bentuk tanamannya saja yang kita dapat tetapi kindahannya itu dapat dilengkapi dengan buah yang bergelantungan di dahan-dahan kecilnya.

Salah satu kelebihan menanam anggur di dalam polibag ini kita bisa membentuk tanaman tersebut seindah mungkin, dengan membentuk percabangannya apalagi ditambah dengan munculnya buah-buah yang kelihatan segar.

Untuk menunjang keindahan tanaman, polibag dari bahan dasar tanah ini sekarang banyak yang memiliki ukiran-ukiran cantik pada bagian luarnya, sehingga akar tanaman tidak mudah kekeringan apabila terlambat menyiram dan tidak akan lebab apabila terlalu banyak air penyiraman, maka gunakan lah polibag yang terbuat dari tanah.

Cara Budidaya Tanaman Anggur dalam Polibag

Tempat menananam yang baik digunakan untuk tanaman anggur di dalam polibag harus sesuai dengan karakteristik tanaman. Media tanam yang cocok untuk anggur adalah pasir dan pupuk kandang, alasannya di karenakan  pasir sangat mudah ditembus oleh akar tanaman aggur.

Sebelum dimasukan kedalam polibag pasir dan pupuk kandang diaduk terlebih dahulu. Untuk lebih bagus lagi sepertiga bagian bawah polibag diisi oleh tanah gembur, supaya menghambat keluarnya air dari polibag.

Melakukan perawatan pada tanaman anggur
Pertama masukan pecahan batu bata atau genting pada dasar polibag, kemudian masukan media tanam yang sudah dicampur rata, isi polibag sampai hampir penuh. Kemudian buat lubang tanam ditengahnya lebih besar sedikit dari polibag yang dipakai bibit.
 
Selanjutnya polibag dilepas dan masukan bibit tersebut pada lubang yang telah disediakan, atur posisi tanaman agar kelihatan tegak, selanjutnya tutup permukaan dengan media tanam lagi.

Perwatan yang dilakukan pada tanaman anggur yang ada di dalam polibag sama halnya seperti merawat anggur yang ditanam di kebun. Namun, perawatan tidak sesulit yang dilakukan di kebun. Hal-hal perlu diperhatikan dalm merawat tanaman anggur dalam polibag ini antara lain:

Kemudian siram tanaman tersebut, ketika selesai penyiraman maka permukaan tanah akan menurun hingga 5 centimeter dari bibir polibag, hal ini terjadi karena pemadatan media tanam. Selanjutnya simpan tanaman tersebut di tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.

Cara penyiraman Tanaman anggur yang baik

Melakukan penyiraman pada tanaman buah anggur dalam polibag dilakukan setiap pagi dan sore dan itu sangat baik dan benar, kemudian pada waktu penyiraman harus hati-hati supaya percikan air tidak merusak tempat menananamnya yang berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak apabila terkena air, jangan sampai merubah posisi akar.

Pembuatan ajir. Fungsi ajir pada tanaman anggur sangat penting, agar bibit anggur tumbuh lurus. Ajir bisa berupa kayu atau bilah bamboo setebal 1,5 cm dengan panjang 1 m. Ajir ini hanya berfungsi sebagai penyangga bibit sampai tiba waktu pemangkasan pertama.
 
Pada awal penanaman, bibit anggur diikat longgar dengan ajir. Dalam pertumbuhannya, tanaman anggur dengan sendirinya akan tumbuh memanjat dengan bantuan sulur.

Untuk memperoleh cabang yang menarik, pohon anggur harus diberi penopang yang berfungsi sebagai panjatan. Panjatan ini ditanam di dalam polibag, berupa bilah bambu setebal 2 cm dengan panjang 1,5 m yang berupa lilitan kawat.

Satu polibag diberi empat bilahan bambu yang ditancapkan dipinggir polibag. Penopang bambu ini akan menjadikan tanaman anggur dalam polibag bisa dilihat dari berbagai arah. Bentuk percambahannya pun dapat diatur sehingga dapat berbentuk bulat seperti bola, slinder, atau paying.

Cara Pemupukan Tanaman Anggur

Dalam tahapan pemupukan pada tanaman angggur yang baru ditanam dalam polibag dapat diberi pupuk urea, dosis yang diberikan cukup satu sendok makan. Pupuk tersebut diberikan setiap dua minggu sekali sampai tanaman berumur tiga bulan.setelah berumur tiga bulan, pupuk yang diberikan diperbanyak menjadi dua sendok makan . Pupuk diberikan sebulan sekali.

Cara Perawatan tanaman anggur

Tahapan dalam pemeliharaaan supaya tanaman anggur cepat berbuah adalah dengan melakukan  pemangkasan  pada saat cabang tumbuh dan sudah berwarna coklat atau sudah berumur tiga bulan, pemangkasan boleh dilakukan pada ranting atau cabang-cabang yang menyebabkan cabang baru tumbuh dan bunga juga keluar.

Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tertentu dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas keempat atau kelima dari pangkal cabang.

Cara pemeliharaan agar tanaman anggur cepat berbuah

Tahap memangkas pertama,  bunga akan mulai muncul biasanya dan ukurannya pun masih kecil, jumlah bunganya akan berangsur-angsur dan akan  bertambah pada memangkas yang kedua kemudian sampai tahap selanjutnya.

Dalam waktu bunga akan tumbuh dan akan menjadi buah kecil, tahapan selanjutnta tanaman anggur perlu disiram dengan air bersih setiap pagi dan sore kemudian dalam pemupukan dilakukan setiap bulan sekali, pupuknya npk ukuran dua sendok makan. Demikanlah artikel Cara Petani Budidaya Tanaman Anggur , selamat sukses dan terimakasih.

0 Response to "Cara Petani Budidaya Tanaman Anggur"

Posting Komentar