Cara Petani Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Baca Juga

Cara Petani Budidaya - Cara budidaya buah naga yang baik dan banyak menghasilkan buah dari hasil tanaman sendiri merupakan satu hal yang memuaskan. Terutama buah naga yang yang di tanam dalam pot atau cara petani budidaya buah naga dalam pot.

Bagi yang Hobi budidaya buah naga merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan terutama bisa di konsumsi sendiri dan bisa juga di jadikan sebagai penghasilan sampingan dari menanam buah naga. Rasanya ini sebuah pekerjaan menantang untuk menanam buah naga dari dalam pot.

Apakah menanam buah naga dalam pot bisa berbuah? Jawabannya bisa. Meskipun buah naga merupakan tanaman besar namun bisa juga di tanam dalam pot dan bisa menghasilkan buah yang enak dan manis.

Cara Petani Budidaya Buah Naga Dalam Pot

Nama "buah naga" berasal dari Asia dan mungkin dibentuk sebagai cara untuk menggambarkan buah berwarna cerah dengan kulit bersisik tebal yang menyerupai tubuh naga. Sementara tanaman ini cukup terkenal dan tumbuh secara luas di seluruh kawasan asia, buah naga sebenarnya berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan.

Berikut ini bagaimana Cara Budidaya Buah Naga Dalam Pot secara efektif dan cepat berbuah.

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot

Untuk bisa menghasilkan buah naga dari menanam dalam pot, diperlukan perawatan dan pemeliharaan buah naga yang baik. Semua kebutuhan makanan dan nutrisi harus terpenui. Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara menanam buah naga di dalam pot :

1. Persiapkan Pot Untuk Buah Naga
Pot dari bahan tanah liat adalah yang paling ideal karena untuk menanam buah naga dalam pot, karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastis dari siang ke malam dalam proses pembungaan.

Ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin baik, minimal berdiameter sekitar 40cm. Untuk menanam buah naga di dalam pot , perlu disiapkan terlebih dulu pot tanamannya. Ada berbagai jenis pot yang bisa digunakan untuk menanam buah naga misalnya pot dari  bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong.

2. Membuat Tiang Untuk Penompang Buah Naga
Tiang panjatan sangat dibutuhkan oleh tanaman buah naga, karena batang dan dahan buah naga memerlukan penopang agar bisa menopang berat pohon buah naga. Tiang panjatan untuk buah naga dibuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun. Tinggi tiang antara 150-200 cm disesuaikan dengan besar pot.

Membuat Tiang Untuk Penompang Buah Naga

3. Cara Membuat Media Tanam Buah Naga Dalam Pot
Media tanam untuk buah naga dalam pot perlu disiapkan dengan baik sebelumnya. Bahan-bahan media taman buah naga dalam pot adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1.
Anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 g dicampur rata dengan bahan-bahan tersebut. Kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.

4. Cara Pembibitan Buah Naga
Untuk menanam buah naga hal yang penting adalah memilih bibit buah naga yang baik. Bibit buah naga sebaiknya dipilih yang besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit. Idealnya panjang bibit yang ditanam minimal 30 cm.

Cara Pembibitan Buah Naga

Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10 cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka tidak ternaungi yang terkena sinar matahari langsung.

5. Perawatan Buah Naga Dalam Pot
Setelah Pembibitan buah naga dalam pot langkah selanjutnya adalah fase memelihara tanaman buah naga di dalam pot.  Pemeliharaan buah naga dalam pot hampir sama dengan buah naga yang ditanam langsung di tanah langsung. Memelihara buah naga dalam pot meliputi pemupukan, pemangkasan, penjarangan hingga pemindahan pot jika sudah waktunya.

Tanaman buah naga bisa berbuah sepanjang tahun dengan bunga utama di musim panas dan kemudian buah berkembang pada musim gugur dan musim dingin. Pada saat tanaman buah naga berbunga dengan ciri-ciri dengan rentang kelopak yang sering di atas 8 inci. Pertama, ukuran bunga itu membuatnya menonjol dari jarak 50 yard dan kelopak-kelopak putih luar yang renyah dengan benang sari kuning yang kaya itu indah.

Untuk cara pemupukan buah naga diberikan pupuk majemuk yang mengandung unsur P dan K tinggi, seperti NPK 15:15:15 dengan dosis 50 gram per pot. Bisa juga diberi campuran pupuk tunggal berupa ZA, SP-18, dan KCI.
Dosis setiap pupuk tunggal yang diberikan adalah 50 gram per pot. Tambahkan juga pupuk kandang guna meningkatkan kadar bahan organik pada media tanam, diikut dengan penyiraman pada pagi atau sore hari.

Selang 2 sampai 4 minggu setelah pemupukan lewat akar, berikan pemupukan daun. Saat tanaman mulai mengeluarkan bunga, lakukan segera pemupukan. Aplikasi pupuk dapat berupa pupuk TSP dan KCI atau pupuk NPK 15:15:15. Larutkan dahulu pupuk dengan konsentrasi 2 gram per liter air agar lebih cepat diserap tanaman. Selanjutnya, larutan pupuk disemprotkan  pada tanaman setiap minggu selama delapan minggu.

Perawatan buah naga yang benar di dalam pot lainnya adalah pemangkasan dahan buah naga. Pemangkasan buah naga ini bertujuan membentuk cabang baru yang produktif. Sebaiknya, pemangkasan dilakukan sejak tanaman sudah berumur 2-3 bulan. Untuk pertumbuhan yang optimal, sebaiknya tinggi tanaman tidak lebih dari 140-170 cm dan jumlah cabang produktif yang dipeliharanya hanya 3-4 cabang dan cabang lain sebaiknya dipangkas.

Setelah buah naga dalam pot mulai berbunga, bisa dilakukan cara menjarangkan bunga buah naga. Penjarangan ini dilakukan ketika bunga buah naga mulai muncul. Penjarangan bunga buah naga bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan pada buah, setiap cabang sisakan saja dua bunga yang berjarak 30 cm satu sama lain. Umumnya, bunga dengan kelopak berwarna hijau yang dipelihara.

Repoting buah naga perlu dilakukan untuk memacu pembungaan buah naga dalam pot. Tambahkan pupuk kandang beserta media baru yang lebih subur untuk menjaga kesuburan dan kesehatan tanaman, sehingga tabulampot buah naga dapat berbuah dengan cepat dan optimal.

Jenis Varietas Buah Naga

Varietas yang paling umum dari kaktus berbuah spektakuler ini adalah buah yang bewarna merah dan kuning. Varietas buah naga merah dan buah naga kuning dapat dipilah menjadi dua tanaman utama yang dibedakan oleh warna daging (bagian yang dapat dimakan) dari buah - daging putih, dan satu lagi daging merah gelap dengan buah naga berwarna merah putih yang paling umum di kenal.

Jenis Varietas Buah Naga


Buah naga yang  berkulit kuning (dengan daging putih) tidak seperti yang biasa ditanam sebagai varietas merah terutama karena jenis ini berduri, yang perlu diketahui sebelum menanam buah naga. Selain itu, varietas kuning secara signifikan lebih kecil dari pada ukuran merah. Namun, dari dua warna kuning memiliki rasa lebih enak (lebih manis) dibanding varietas merah tapi itulah yang saya ketahui.

Nah itulah beberapa tips sederhana cara budidaya dan perawatan tanaman buah naga dalam pot dari Cara Petani Budidaya Buah Naga Dalam Pot Selamat sukses dan terimakasih.

0 Response to "Cara Petani Budidaya Buah Naga Dalam Pot"

Posting Komentar