Budidaya dan Perawatan Ikan Guppy

Baca Juga

Budidaya dan Perawatan Ikan Guppy - Pada budidaya dan perawatan ikan hias guppy sangat gampang dengan di campur saja antara kedua jenis ikan guppy jantan dan ikan guppy betina. Namun kalau ingin menghasilkan peranakan yang bagus kita bisa menyilangkan.

Akuarium perlu memiliki cukup oksigen. Untuk itu anda dapat memberikan air pump atau alat untuk menyemburkan gelembung air supaya oksigen dalam akuarium terjaga.

Budidaya dan perawatan ikan guppy


Ikan guppy adalah ikan hias yang cukup populer, ukuranya yang kecil ini sangat anggun. Untuk makanan, baiknya diberikan 2 x 1 hari serta janganlah terus-terusan dikasih makan. Makanan dapat diperoleh secara alami, seperti lumut, jentik-jentik, ataupun cacing. 

Namun karena mulut ikan guppy sangat kecil, sebaiknya potong atau bentuk makanan itu jadi kecil-kecil untuk memudahkan masuk ke mulut guppy.
Bila tidak tentunya akan repot, dan makanan ikan guppy juga dapat dibeli di toko ikan hias.

Untuk pemijahan, anda perlu pemisahkan indukan jantan dengan indukan betina yang siap kawin dalam tempat terpisah. Indukan betina yang siap kawin biasanya dicirikan dengan adanya bercak noda hitam di bagian perut belakangnya. 

Nah jika ikan guppy yang akan anda pelihara tidak dicampur dengan ikan hias lain, maka untuk akuariumnya yang paling ideal adalah ukuran  40 x 40 x60 cm dengan kapasitan ikan yang ada didalam akuarium adalah 50 ekor.

Sedangkan jika ingin dicampur dengan ikan hias lain, ukuran akuarium harus lebih dari 40 x 40 x 60 cm, misal akuarium dengan ukuran 100 x 40 x 60 cm.

Agar supaya menambah cantiknya akuarium, bisa juga dengan menambahkan tanaman air dan juga pernak - pernik hiasan akuarium.

Anda sebaiknya menentukan indukan yang bagus juga bila menghendaki hasil varietas yang bagus, baik menyangkut warna ataupun bentuk ekornya. Pemijahan dapat dilakukan selama 3 bulan dengan sebulan sekali kelahiran.

beberapa jenis dan type varietas untuk mendapatkan hasil yang bagus. Contohnya, anda dapat menyilangkan guppy jantan yang memiliki warna spesifik dengan guppy betina ekor lebar untuk mendapatkan benih guppy ekor lebar dengan warna yang menarik.
Ikan guppy memang tergolong ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Memang ikan guppy mudah untuk dipelihara. Akan tetapi, jika dalam cara merawat ikan hias guppy secara serampangan tidak menutup kemungkinan ikan guppy kesayangan anda terserang penyakit.

Cara memberi pakan untuk ikan guppy
Untuk pakan bisa diberikan makanan buatan seperti pelet, akan tetapi  yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan ikan guppy, pelet haruslah yang sesuai dengan mulut si guppy.

Sedangkan untuk frekuensi pemberian pakan ikan guppy dalam sehari yang paling baik adalah 2x, pagi dan sore.
Jenis Ikan guppy termasuk ikan herbivora, pemberian pakan yang baik  sangatlah penting, frekuensi pemberian pakan juga harus diperhatikan

Air adalah habitat tepat hidup ikan, kualitas air yang baik akan membuat ikan juga tumbuh dangan baik pula.
Supaya ikan guppy kesayangan anda hidup dengan sehat, sangat disarankan air akuarium haruslah yang ber ph 7,5 hingga 8, supaya ikan guppy bernafsu untuk malahap ketika anda memberinya makan.

Budidaya serta perawatan ikan hias guppy dalam akuarium baiknya diganti 2 atau 3 minggu sekali atau bergantung kekeruhan air. Jaga suhu atau temperature air stabil pada 15 - 27 derajat celcius.

Bukan hanya ph-nya saja yang bagus, air akuarium haruslah bersuhu 25 - 28 derajat celcius.
Jangan lupa pula sebelum anda gunakan untuk tempat hidup guppy anda, air harus diendapkan selama kurang lebih 2 hari, supaya zat - zat berbahaya hilang.

Demikian artikel dari Petani MACO Cara Budidaya dan Perawatan Ikan Guppy dengan harapan semoga bermanfaat untuk para ikan hias.

0 Response to "Budidaya dan Perawatan Ikan Guppy"

Posting Komentar