Cara Budidaya Lobster di Kolam Terpal

Baca Juga

Budidaya lobster di kolam terpal - Pemeliharaan lobster  air tawar di kolam sebaiknya  mengunakan metode perawatan seperti merawat tanaman atau seperti ikan hiasan di aquarium.

Dalam hal untuk membedakan antara jenis betina dan jantan, adalah dengan melihat warna jepitnya , lobster jenis ini juga suka makan tumbuh-tumbuhan seperti eceng godok. Bahkan terkadang ketika diberi nasi pun akan dimakan.

Memelihara lobster  air  tawar di kolam


Jika ada warna merahnya, berarti lobster tersebut jantan. Jenis-jenis lobster ini sangat mudah untuk dipelihara dan pememeliharaan, alasannya  jenis ini sangat kuat hidup di berbagai kondisi. Dan jenis ini termasuk omnivora.

Berikut ini Cara budidaya lobster air tawar di kolam terpal

Untuk memelihara lobster ini sebenarnya sangat mudah jadi tergantung ingin memakai cara profesional atau cara tradisional.
 
Kali ini yang akan kita tunjukkan adalah cara budidaya skala rumahan, sebab dengan cara rumahan tak perlu menggunakan lahan yang luas dan tentunya biaya juga sidikit.

Langkah pertama  dalam cara pembibitan lobster kita harus menyediakan bahan  terpal untuk kolam yaitu berupa plastik yang  tebal dan juga harus kita memastikan terlebih dahulu  lokasi kolam, benih baiknya lagi kolam lobster dekat dengan rumah atau di perkarangan rumah alsannya supaya memudahkan kita dalam mengontrol perkembangan lobster
 
Dan juga tanahnya harus  rata dan usahakan lokasi tersebut tak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung karena itu membayakan bibit lobster yang masih kecil, kemudian usahakan jangan sampai pula tidak ada cahaya mataharinya ke kolam itu juga membahayakan untuk perkembangan bibit lobster.
 
Cara pembuatan kolam dengan di lapisi  terpal  plastik yaitu  ukurannya  1 meter  x 2 meter  dengan tinggi kolam sekitar 80 centimeter.
 
Setelah itu semua sudah siap langkah selanjutnya kolam di isi dengan air bersih dengan ketinggian air skitar 65 centimeter, tinggi air jangan sampai sesuai dengan tinggi kolam karena lobster bisa kabur. Jadi usahakan ketinggian air kurang 15 sampai 35 centimeter  dari ketinggian  kolam.
 
Kemudian memasukkan tanaman  eceng gondok atau sejenisnya alasannya lobster  sangat menyukai tanaman tersebut selain menyejukkannya dia juga bisa berlindung di bawah tanaman tersebut dan akar serpihan tanaman tersebut bisa jadi makanannya.
 
Lalu  memasukan lobster ke dalam kolam, harus usahakan jenis lobster betina lebih banyak dari jenis lobster jantan itu sangat bagus untuk perkembangannya.
 
Pada saat lobster betina akan terlihat ciri-ciri bertelur  cepat-cepatlah untuk memisahkan ke kolam yang lain boleh juga di sebut dengan perasingan.
 
Tahap selanjutnya membiarkan lobster  betina menetaskan telurnya pada kolam lain , jika telur telah menetas, pindahkan betina tersebut dari kolam penetasan ke kolam yang khusus untuk  leluasa induk lobster dan itu sangat berpengaruh perkembangan bibit lobster.
 
Cara perawatan lobster yang baik

Yaitu dengan cara memberikan umpan atau makanan secara teratur untuk bibit lobster yang sedang berkembang , kemudian lihat perkembangannya sekitar beberapa bulan selanjutnya .
 

Cara perawatan lobster yang baik

Pada saat  lobster tersebut sudah tumbuh dewasa  kita harus  menggunakan penerapan yang  bagus untuk membuat kolam yang lebih banyak untuk perkembangan lobster yang baik

Demikanlah artikel Budidaya Lobster di Kolam Terpal dari petani maco saya, salam petani sukses dan terimakasih.

Coming Articel :

  • Ternak lobster air tawar di rumah
  • Budidaya lobster air tawar di kolam tanah
  • Video budidaya lobster air tawar
  • Budidaya lobster air tawar di aquarium
  • Cara budidaya lobster red claw

0 Response to "Cara Budidaya Lobster di Kolam Terpal"

Posting Komentar