Ubi Jalar Ungu Solusi Menurunkan Kolesterol

Baca Juga

Ubi jalar ungu solusi menurunkan kolesterol - Ubi ungu sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit jantung, penyakit jantung koroner yang diprediksikan tiap tahun jumlah penderitanya semakin meningkat, hal itu disebabkan oleh sebagian besar pada pola makan yang tidak sehat. Faktor salah satunya kelebihan mengkonsumsi lemak hewani hal tersebut dapat pemicu naiknya kadar lemak jahat pada tubuh. Efek telalu tingginya kadar lemak pada tubuh dan secara otomatis peredaran darah kita menjadi terhambat atau tersumbat. Sekarang tidak usah khawatir karena solusi menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi dapat di atasi dengan ubi jalar ungu dengan cara di jus.

Ubi jalar ungu solusi menurunkan kolesterol

Ubi jalar ungu merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi yang ciri-cirinya memiliki isi berwarna ungu. Penyebab warna ungu tersebut difaktori oleh kandungan zat antosianin pada isi umbi. Semakin pekat warna ungu , semakin tinggi pula kadar antosianin pada ubi jalar tersebut.

Sebenarnya zat antosianin mengandung peran yang sangat penting. Antosianin merupakan salah satu senyawa fenolik yang masuk kelompok flavonoid dan berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan ia dapat mencegah terjadinya penuaan, kanker dan penyakit degeneratif lain seperti arteriosklerosis. Fungsi lain dari antosianin merupakan cara mencegah gangguan fungsi hati, antihipertensi dan antihiperglikemik atau menurunkan kadar gula. Antosianin juga memiliki kemampuan antimutagenik dan antikarsiogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan produk olahannya.

Khasiat jus ubi ungu dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tekanan darah menjadi normal serta menstabilkan gula darah. Kemudian jangan lupa olah raga ringan yang akan mempercepat proses penyembuhan. Jus ubi ungu juga mengandung antioksidan yang terbukti mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam saluran pencernaan dan menghambat sintesis kolesterol dalam hati. Penelitian dr i made jawi mkes dan rekan dari bagian farmakologi fakultas kedokteran universitas udayana, bali, pada 2006 memperlihatkan perlakuan uji dengan ekstrak air ubi jalar ungu pada 10 kelinci percobaan selama 90 hari memperlihatkan hasil signifikan. Artinya kelompok kelinci yang diberi ekstrak air ubi jalar ungu mengalami penurunan kadar kolesterol total, penurunan trigliserida, penurunan ldl (kolesterol jahat), dan kenaikan hdl (kolesterol baik).

Pada penelitian lanjutan yang dilakukan oleh i made jawi dan rekan pada 2011 terlihat hewan percobaan yang rutin mendapat asupan ekstrak air ubi jalar ungu memiliki kadar antioksidan tinggi di tubuh dengan kadar mda (malondialdehyde) lebih rendah dibandingkan kontrol yang tidak diberi ekstrak air ubi jalar ungu. Mda menunjukkan nilai kadar gula darah postprandial yang sangat terkait dengan stres oksidatif yang dapat memicu risiko gangguan kardiovaskuler di tubuh.

Demikian artikel dari petani maco tentang ubi jalar ungu cara menurunkan kolesterol dengan harapan semoga bermanfaat untuk kesehatan kita semua khususnya bagi yang mengalami kolesterol dan tekanan darah tinggi.

0 Response to "Ubi Jalar Ungu Solusi Menurunkan Kolesterol"

Posting Komentar