Cara mudah membuat pupuk kompos di rumah

Baca Juga

Cara mudah membuat pupuk kompos di rumah -  Pupuk kompos merupakan salah satu bahan yang sangat penting untuk membuat tanah menjadi subur. Jika setiap orang membuat kompos dari limbah dapur maka lingkungan akan menjadi bersih dari kotoran sampah limbah rumah, dan di samping itu juga pupuk kompos dari limbah sampai bisa membuat kebun organik lebih produktif. Satu-satunya caranya yaitu menemukan bahan-bahan sampah organik yang cukup untuk membuat pupuk hitam kompos yang lebih alami dan mudah. Kebanyakan petani membuat kompos organik dengan menggabungkan sampah dapur dengan sampah yang cepat terurai dalam tumpukan kompos luar ruangan dan menunggu hingga sampah tersebut membusuk.
Cara mudah membuat pupuk kompos di rumah

Berikut ini beberapa langkah membuat pupuk kompos di rumah dengan mudah.

1. Kumpulkan semua limbah basah dari dapur seperti potongan - potongan sayuran, kulit buah, kulit telur, ampas teh dan bubuk kopi.

2. Ambil ember plastik dengan petutupnya yang berukuran 20 sampai 30 kapasitas liter dan membuat lubang di atasnya dengan cara yang udara yang cukup dapat lulus dalam ember.

3. Tambahkan beberapa daun kering dan hiasan taman di bagian bawah ember sekitar 1 inci, kemudian tambahkan sampah basah, tambahkan segenggam kompos atau buttermilk atau kotoran sapi untuk memulai proses dekomposisi aerobik dan akhirnya menutupinya dengan daun kering.

Ulangi proses sampai ember penuh dan mengubah tumpukan sekitar setiap hari alternatif dengan bantuan dari menyapu sebuah. Hal ini membantu dalam menyeimbangkan karbon dan nitrogen. Daun kering dan hiasan taman bahan kaya karbon, sementara limbah dapur membentuk bahan yang kaya nitrogen.

4. Tumpukan itu harus disimpan pada tingkat optimal kelembaban. Jika terlalu basah, tambahkan daun kering dan campuran. Jika terlalu kering, taburi air kemudian aduk-aduk hingga merata.

5. Setelah ember penuh, biarkan selama 45 sampai 60 hari untuk dekomposisi lengkap dan terus memutar tumpukan sekali dalam setiap 3 sampai 4 hari sehingga ember adalah aerasi baik yang membantu dalam mempercepat dalam proses pembuatan pupuk organik..

6. Setelah dua bulan kemudian sampah akan berubah menjadi pupuk kompos yang kaya dengan nutrisi. Pupuk kompos tersebut bewarna hitam , rapuh, lembab dan baunya berkurang. Hal ini dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman di kebun dengan hasil olahan limbah sampah dapur yang menjadi pupuk kompos yang berkualitas.

Demikian artikel dari Petani MACO tentang cara mudah membuat pupuk kompos di rumah dengan harapan semoga bermanfaat buat kita semua khususnya bagi para petani tanaman organik.

0 Response to "Cara mudah membuat pupuk kompos di rumah"

Posting Komentar